A-AM

A-AM
Amazing Place

Minggu, 21 Maret 2010

HAKEKAT KARYA ILMIAH

Karya tulis ilmiah suatu karya tulis yang disusun berdasarkan pendekatan dan metode ilmiah yang ditujukan untuk kelompok pembaca tertentu. Penulisan tersebut disebut metode ilmiah karena penulisan tersebut adalah sistematik,generalisasi,eksplenasi maupun terkonrol. Dengan demikian karya tulis ilmiah tersebut tidak mengandung unsure bias karena mempunyai ukuran atau standard tertentu.

Sumber lain mengatakan Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik.

Tujuan penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.

Karya ilmiah dapat berfungsi sebagai rujukan, untuk meningkatkan wawasan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Bagi penulis, menulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual, di samping menyumbang terhadap perluasan cakrawala ilmu pengetahuan.

Karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang disajikan dengan gaya bahasa yang populer atau santai sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

Sasaran penulisan karya tulis adalah untuk

  1. Masyarakat tertentu seperti para ilmuwan

  2. Masyarakat luas,baik secara perorangan atau kelompok

  3. Pemerintah atau lembaga tertentu

Menyusun karya ilmiah bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan sederhana, disamping penulis harus menguasai keterampilan dan pengetahuan bahasa yang baik dan benar diperlukan pula pemahaman kaidah penulisan ilmiah serta persyaratannya. Karya tulis sendiri akan lebih bermakna jika dapat dimengerti oleh orang lain serta bila mungkin dapat juga tersebar secara lebih meluas sesuai dengan sasaran atau target audience.

Kualitas karya tulis dapat dilihat dari:

  • Pokok bahasan atau topic materi tulisan dan hal ini sangat berperan terhadap upaya menarik minat pembaca

  • Menarik minat baca tidaklah cukup hal ini juga diiringi oleh adanya kemudahan bagi pembaca untuk memahami pokok bahasan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Untuk memudahkan pemahaman tersebut sehingga tidak menimbulkan berbagai persepsi dan interpretasi yang berbeda baik oleh berbagai ragam pembaca maupun oleh berbagai bentuk karya tulis tentunya penulisan tersebut harus memenuhi persyaratan seperti bentuk format,gaya maupun sistematika penulisan tertentu yang sudah baku.



Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar