A-AM

A-AM
Amazing Place

Minggu, 21 Maret 2010

CAPITAL MARKET (PASAR MODAL)

Pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan public yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya,serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.

Sumber lain mengatakan bahwa Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.

Yang lain juga mendefinisikan Pasar Modal adalah pertemuan demand dan supply dana jangka panjang yang diwujudkan dalam bentuk instrumen-instrumen keuangan yang dapat diperjualbelikan.

Fungsi dari Pasar Modal adalah :

  • Sumber dana jangka panjang

  • Alternatife investasi

  • Alat rekstrurisasi modal perusahaan

  • Alat untuk melakukan divestasi

Dalam menjalankan fungsinya pasar modal dibagi menjadi 3 macam yaitu :

Pasar Perdana yaitu penjualan perdana efek atau penjualan efek oleh perusahaan yang menerbitkan efek sebelum efek tersebut dijual melalui bursa efek

Pasar Sekunder yaitu penjualan efek setelah penjualan pada pasar perdana berakhir. Pada pasar sekunder ini harga efek ditentukan oleh kurs efek tersebut, naik turunnya dipengaruhi oleh daya tarik menarik dari permintaan dan penawaran efek tersebut.

Bursa Paralel yaitu pelengkap bursa efek yang ada. Bagi perusahaan yang menerbitkan efek yang akan menjual efeknya melalui bursa dapat dilakukan melalui bursa paralel.

Perbedaan Pasar Perdana dengan Pasar Sekunder adalah:

Pasar Perdana

  • Harga saham tetap

  • Tidak dikenakan komisi

  • Hanya untuk pembelian saham

  • Pemesanan dilakukan melalui agen penjualan

  • Jangka waktu terbatas

Pasar Sekunder

  • Harga berfluktuasi sesuai dengan kekuatan pasar

  • Dibebankan komisi untuk pembelian ataupun penjualan

  • Pemesanan dilakukan oleh anggota bursa

  • Jangka waktu tidak terbatas


Instrumen pasar modal adalah Saham,Obligasi,dan Surat pernyataan hutang lainnya seperti option,warrant,dan right. Semua efek yang diperdagangkan berjangka panjang

Saham adalah : salah satu efek yang pada umumnya dijual dipasar modal ( bursa efek ) adalah saham. Saham adalah tanda penyertaan modal pada suatu perseroan terbatas ( PT ).

Obligasi adalah : surat pengakuan hutag suatu perusahaan yang akan dibayar pada waktu jatuh tempo sebesar nilai nominalnya. Penghasilan yang diperoleh dari obligasi berupa tingkat bunga yang akan dibayarkan oleh perusahaan penerbit obligasi tersebut pada saat jatuh tempo.


Option adalah : surat pernyataan yang dikeluarkan oleh seseorang/lembaga (tetapi bukan emiten) untuk memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham (call option) dan menjual saham (put option)pada harga yang ditentukan sebelumnya.

Warrant adalah : surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perusahaan dengan persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya.

Right adalah : surat yang diterbitkan perusahaan yang memberikan hak pada pemegangnya untuk membeli tambahan saham pada penerbitan saham baru.

Pelaku dalam Pasar Modal

Emiten adalah : perusahaan yang menjual kepemilikannya kepada masyarakat ( go public ).

Investor ( pemodal) : badan atau perorangan yang membeli kepemilikan suatu perusahaan go public.

Pemodal perorangan : orang atau individu yang atas namanya sendiri melakukan penanaman modal ( investasi).

Lembaga penunjang : berfungsi sebagai penunjang atau pendukung bekerjanya pasar modal.

Penjamin Emisi : berfungsi sebagai penjamin dalam penjualan efek yang diterbitkan oleh perusahaan go public.

Full Firm Commitment : penjamin emisi menjamin secara penuh atas penjualan efek yang dikeluarkan perusahaan go public.

Best Effort Commitment : penjamin emisi dituntut untuk mengusahakan menjual efek dengan sebaik-baiknya agar efek yang dikeluarkan banyak atau semuanya laku. Dll


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar